November 12, 2022 By Osse Kiki

Jamuan Makan Malam Menteri Kesehatan bersama Mitra dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-58

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) memenuhi undangan Jamuan Makan Malam Menteri Kesehatan bersama Mitra dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-58 tanggal 11 November 2022.

Dalam jamuan makan malam tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghampiri meja KPSI sambil bertanya tentang Skizofrenia. Pak Menteri terkejut dengan angka prevalensi pengidap skizofrenia menurut WHO yaitu 1% dari populasi, artinya di Indonesia sekitar 2,7 juta orang. Sedangkan menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa prevalensi skizofrenia/psikosis di Indonesia sebanyak 7% per 1000 rumah tangga. Hal ini menunjukkan bahwa dari 1000 rumah tangga, terdapat 70 rumah tangga yang mempunyai anggota rumah tangga (ART) dengan pengidap skizofrenia/psikosis berat.

 

Tentu saja dari angka-angka prevalensi pengidap skizofrenia, diharapkan perhatian penuh dari Kementerian Kesehatan agar angka prevalensi Skizofrenia di Indonesia dapat ditekan melalui transformasi terhadap akses dan layanan kesehatan jiwa yang lebih baik.

Bagikan artikel ini